Penipuan Bisnis Internet #1: Sales Letter Buta

Anda mungkin pernah pergi ke sebuah situs yang isinya satu halaman — berisi banyak sekali teks warna-warni dengan ukuran besar kecil (seperti sales letter saya) dan gambar-gambar screenshot pendapatan plus gambar mobil dan uang yang berserakan…
Itu adalah sales letter.
Sales letter itu bagus. Guna sales letter adalah menginformasikan value dari produk yang akan anda beli. Produk digital beda dengan produk nyata yang bisa dilihat dan disentuh. Anda tak tahu produk tersebut bagus atau tidak sebelum membaca sales letternya.
Yang berbahaya adalah Blind Sales Letter (sales letter buta).
Sales letter macam ini tidak memberi tahu secara jelas apa produk yang mereka jual — bahkan meski anda membaca sales letter panjang ini sampai akhir.
Anda tak akan tahu apakah yang dijual adalah software, membership, video, atau ebook. Anda tak tahu informasi apa yang akan anda pelajari, apakah mengenai cara mendapatkan trafik, menaikkan visitor, atau penjelasan teknis cara membuat sesuatu.


Satu-satunya cara bagi anda untuk mengetahui produk yang dijual adalah dengan membeli produk tersebut. Ya… itu adalah satu-satunya cara.
Hati-hati dengan sales letter seperti ini. Jika anda membaca sales letter — dan tak tahu apa yang akan anda dapatkan, maka lebih baik cari orang yang sudah terlebih dulu membeli produk tersebut dan tanya bagaimana kualitasnya.

Penipuan Bisnis Internet #2: Klaim yang Terlalu Bagus untuk Jadi Kenyataan

Lihat saja apa yang mereka klaim di sales letter mereka. Mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar hanya karena duduk diam di depan komputer? Ataukah mendapatkan uang di internet hanya dengan kemampuan mengetik? Menghasilkan pendapatan pasif (passive income) hanya dengan menjalankan satu software?
Jika anda menilai bahwa klaim yang ada terlalu bagus untuk jadi kenyataan, maka biasanya intuisi anda benar. Jauh-jauhi tipe sales letter seperti ini.
Satu lagi cara untuk memastikan bahwa seseorang berkata benar di internet adalah dengan melihat hal yang ia perbuat. Simak hal-hal di bawah ini:
Jika ia sebegitu kayanya dari bisnis internet, kenapa membeli domain .com dan hosting profesional saja tidak bisa?
Jika ia memang mendapatkan uang dari bisnis online, apakah ada situs yang menjadi landasan bisnis onlinenya? Kenapa orang yang menghasilkan uang dari bisnis online tidak punya situs bisnis sama sekali?
Jika ia mengaku menghasilkan uang banyak dari marketing di YouTube, kenapa hanya ada sedikit sekali video miliknya di YouTube?
Jika ia mengaku menghasilkan banyak uang dari affiliate marketing di Amazon atau Clickbank, kenapa tidak menunjukkan satu saja situs affiliate yang ia kelola?
Dan lain-lain…
Intinya: Jika internet marketer yang anda ikuti tidak mengikuti apa yang ia sendiri ajarkan, kenapa kita harus percaya bahwa yang diajarkan terbukti berhasil?

Penipuan Bisnis Internet #3: Screenshot Pendapatan Palsu

Ini adalah penipuan yang paling banyak menjebak — screenshot income palsu.
Anda mulai hari ini tidak boleh percaya pada screenshot income lagi. Semua screenshot income bisa dipalsu. Bahkan screenshot pendapatan dari PayPal, Clickbank, dan KlikBCA tidak perlu dipalsu menggunakan photoshop. Script di web browser cukup untuk memalsukan screenshot income.
Ironisnya adalah screenshot adalah hal yang paling mudah menjebak para pemula. Screenshot terlihat sebagai ‘bukti’ yang nyata — meski pada kenyataannya bisa dengan mudah di palsu.
Ada banyak penipuan bisnis di internet, tapi setidaknya…
Ada beberapa hal yang bisa anda percayai: informasi yang bagus dan masuk akal, metode yang jelas untuk menghasilkan uang, dan guru yang menjalankan apa yang diajarkannya.

Cara Agar Anda Tidak Menjadi Lebih Bodoh di Internet

Hanya dengarkan saran dari orang yang anda tahu menjalankan apa yang diajarkannya. Hanya dengarkan saran dari orang yang anda tahu menghasilkan uang dari bisnis yang ia miliki di internet.
Hindari forum yang berisi banyak pemula dan berkumpul menjadi satu — memberikan saran bodoh yang ia dengar dari guru internet marketing palsu — kemudian meneruskan nasihat dan saran yang salah tersebut pada pemula lainnya.
Satu contoh di forum internasional: DigitalForum. Contoh di forum Indonesia ada banyak sekali… sampai saya bingung nyebutin salah satu…
Created By : Marini Martalova